the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Friday, April 13, 2012

Rektorat UGM : Inside Version

2011-09-23 06.39.42

Satu lagi posting tentang kampus tercinta. Ada yang tau bangunan apa yang saya foto di atas? Kalau ada yang belum tau, ini adalah Gedung Pusat UGM atau biasa disebut sebagai Rektorat UGM. Sesuai namanya, inilah tempat dari segala administrasi universitas dilaksanakan. Dari kemahasiswaan, hubungan dengan masyarakat, hingga kantor wali amanat. Dalam foto tersebut, terlihat sebagian dari sisi timur gedung tersebut. Sekedar informasi saja sih, menurut beberapa sumber, Gedung Pusat UGM ini adalah gedung modern pertama yang dibangun pasca kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Mau berkunjung ke dalam?

Beberapa waktu yang lalu, diadakan presentasi proposal KKN oleh dosen pembimbing lapangan. Terima kasih nih buat DPL kelompok KKN saya, Ibu Diah Retno Wulandaru, dosen dari FEB UGM, yang telah menyempatkan untuk memberikan presentasi di hadapan LPPM UGM. Nah waktu itu, sembari menunggu presentasi tersebut, saya mengabadikan beberapa jepretan tentang bagian dalam Rektorat UGM, khusus bagi yang belum pernah ke sana. Foto tersebut saya ambil dengan Galaxy Mini GTS550 dan saya percantik dengan GIMP 2.3.

Berikut beberapa hasilnya;

2012-03-20 07.06.42aa

Ini adalah imaji dari center park Rektorat UGM, diambil dari lantai 3 Sayap Timur Rektorat, di depan ruang Sidang LPPM atau papan namanya bertuliskan Ruang Serba Guna. Foto ini diambil sekitar pukul setengah delapan pagi, ketika itu hujan rintik-rintik sehingga jalanan terlihat basah. Jam kantor biasanya dimulai saat itu, namun mungkin karena hujan sehingga masih sepi. Baru ada beberapa petugas kebersihan yang lalu lalang membersihkan gedung.

2012-03-20 07.06.52aa

Kalau yang ini adalah Sayap Utara. Kurang tau sih ada ruangan apa saja di bagian ini, namun sepenglihatan saya ada Ruang Majelis Wali Amanat. Kalau yang di bagian kiri bawah foto itu kalau tidak salah adalah Generator Set untuk listrik cadangan jika aliran dari PLN mati. Dulunya banyak ruangan di gedung ini yang digunakan untuk perkuliahan mahasiswa UGM. Salah satu yang sempat berkuliah di sini (di gedung ini) adalah kakek dari ketua kelompok KKN saya, Made Ngurah Saka Semarajaya (@ngurahsaka).

2012-03-20 07.09.16aa

Sayap Selatan Rektorat UGM. Kalau yang ini seringnya dipakai untuk urusan akademis, seperti pendaftaran, seminar, pertukaran pelajar, dll. Yah ada juga sih sekretariat LPPM. Biasanya kalau sore dan malam ramai yang berkunjung ke area ini untuk “numpang” berinternet-ria via hotspot UGM. Yah mayan banget lho speednya. Pernah saya juga ikut aksi numpang wi-fian sampe pagi bareng teman-teman asrama. Pas pukul 3 pagi kecepatannya tembus 1mbps. Waaaaawww… kapan ya semua internet di Indonesia bisa seperti itu??

2012-03-20 07.21.42aa

Ini pagar bagian dalam Rektorat. Dicat warna merah dari ujung ke ujung. Atasnya dipakaikan kayu. Di luar pagar ada jarak lantai sekitar + 40 cm. Juga ada puluhan pilar berdiameter cukup besar + 80-100cm. Gambar ini sengaja dicrop karena ada petugas kebersihan yang tanpa sengaja terjepret ketika dia sedang nungging –______-

2011-09-23 16.46.22aa

Nah itu dulu beberapa gambar tentang Rektorat UGM yang sempat saya jepret. Lain kali saya share yang lainnya. Semoga makin bagus kualitas UGM, tercapai cita-cita menjadi universitas riset kelas internasional. Amin ^_^….

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!
Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan