the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Friday, December 21, 2012

Launching IERO dan FMO 2013

Tanggal 18 Desember 2012 yang lalu, bertepatan dengan hari Selasa, dan hari ulang tahun 4 juta orang di dunia ini, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada telah resmi meluncurkan dua buletin kuartalan mengenai perekonomian Indonesia. Peluncuran dua buletin ini merupakan kerja sama antara Bank Mandiri dan Bank BNI 46 bersama P2EB dan FEB UGM.

Acara ini mengambil tempat di Java Room, Millenium Hotel, Jakarta, dengan dihadiri hampir 100 orang yang terdiri dari berbagai kalangan, pejabat tinggi fakultas, para alumni, petinggi perekonomian Indonesia, serta media. Beberapa tokoh yang hadir antara lain Bapak Wihana Kirana Jaya selaku Dekan FEB UGM, Bpk. Sahid Susilo Nugroho selaku Ketua Jurusan Manajemen FEB UGM, Bpk. Joseph Kristiadi dari CSIC, Bpk. Rudjito, Bpk. Marwanto, dan Bpk. Wahyu Trenggono dari Indonesian Bond pricing Agency.

Ada dua buletin yang diluncurkan secara bersamaan pada tanggal tersebut.

Buletin yang pertama adalah Indonesia Economic Review and Outlook (IERO). Buletin ini membahas mengenai tinjauan perekonomian Indonesia serta potensi ke masa depan dengan menggunakan GAMA Leading Economic Indicator (GAMALEI). Sebuah leading indicator yang disusun sedemikian rupa oleh tim penelitinya untuk memprediksi keadaan perekonomian Indonesia. Peluncuran serta diskusi mengenai IERO dimoderatori oleh Prof. Gunawan, Bpk. Perri Warjiyo selaku pembahas, serta tim analis sebagai pembicara yang terdiri dari Prof. Sri Adiningsih, Prof. Tri Widodo, dan Prof. Samsubar Saleh.

Tim peneliti merupakan masyarakat asli suku Ilmu Ekonomi FEB UGM yang tergabung dalam corner Macroeconomic Dashboard, mulai dari Prof. Sri Adiningsih, Prof. Tri Widodo, Prof. Samsubar Saleh, Rosa Kristiadi a.k.a Ocha, Azka Khairina, Galih Adhidharma, Averous M dan Ardina AD a.k.a Adjooe. Corner Macroeconomic Dashboard menyediakan data CEIC yang dapat diakses oleh mahasiswa FEB UGM untuk menunjang studinya.

Lebih lanjut mengenai IERO bisa pembaca lihat melalui situs resmi tim ini di www.macroeconomicdashboard.com . Oiya, web designer dan creatornya juga dari FEB UGM lho. Namanya Fandi Gunawan. Kalau-kalau ada yang mau pakai jasanya buat design web bisa lewat ini orang punya kontak.

Buletin yang kedua adalah Financial Market Outlook 2013. Jika IERO membahas perekonomian Indonesia ke depannya secara makro, maka FMO lebih difungsikan untuk membahas mengenai pasar modal Indonesia. FMO edisi pertama ini menggunakan teknik analisis top-down, dimulai dari top dengan analisis makro, kemudian menengah di bagian industri dalam saham dan obligasi perusahaan, serta down ke stock picks secara individual.

Pada sesi ini, bertindak sebagai moderator adalah Bpk. Edhie Purnawan (Wakil Dekan FEB UGM), serta Prof. Agus Sartono sebagai pembahas. Sementara untuk tim pembicara diwakilkan oleh Bpk. I Wayan Nuka Lantara selaku Head Analyst FMU, Bpk. Mamduh M. Hanafi selaku Senior Analyst FMU, dan Bpk. Satrio Utomo dari Universal Broker Indonesia.

Tim peneliti FMO 2013 adalah sekumpulan masyarakat asli suku FEB UGM layaknya Macroeconomic Dashboard, bernama Financial Market Update (FMU) Corner. FMU terdiri dari board of analyst mulai dari Prof. Tandelilin, Bpk. Suad Husnan, Bpk. Mamduh M. Hanafi, dan Ibu Sri Handaru Yuliati. Menyusul tim peneliti adalah Bpk. I Wayan Nuka Lantara, Bpk. Setiyono, Mas Arintoko, dan Mas Redik. Serta dibantu asisten peneliti adalah Muhamad Hasan Putra, dan Rina Trisusanti. FMU Corner menyediakan akses data Bloomberg bagi mahasiswa FEB UGM untuk menunjang studi mahasiswa.

Terbitnya kedua buletin ini disambut baik oleh kalangan pemerhati ekonomi Indonesia. Dengan hadirnya kedua buletin ini, seperti disampaikan oleh Bpk. Joseph Kristiadi, diharapkan mampu menjembatani dunia ekonomi dan kebijakan politik Indonesia. Sudah saatnya ekonom-ekonom tangguh UGM memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan bangsa Indonesia tercinta.

Untuk dapat berlangganan kedua buletin ini, pembaca dapat menghubungi tiap-tiap corner melalui email masing-masing corner.
Macroeconomic Dashboard : macro.dashboard@gmail.com
FinancialMarket Updates : fmu.bni46.febugm@gmail.com
penulis : muhamad.hasan.putra@gmail.com
atau follow penulis di @putrahasan *tetepnumpangtenar*

Salam. Berikut beberapa foto album hasil jepretan Fandi Gunawan dan Galih Adhidarma.

Azka Khairina, Ardina Ayu, dan Averous M

Azka, Adjoe, Rosa Kristiadi (Ocha), Bu Ning, Pak Edhie, dan Pak Tri Widodo

Paket FMO dan IERO

Pak Tri Widodo, Pak Samsubar S, Pak Wihana, Ibu Ning, Pak Perry, dan Pak Gunawan

Pak Wayan Nuka, Pak Satrio Utomo, Pak Wihana, Pak Edhie, Pak Agus S, dan Pak Mamduh H.

Tim MacroDashboard dan Penulis (paling kanan)

Bergaya di pesawat. Mas Galih mabuk laut.
Cek mic ala professional muda

Come back to my blog. See ya!

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!
Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan