the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Tuesday, February 12, 2013

Ainun, S.Pend., S.Kat.

Biasanya kalo liat tulisan orang tentang ortunya yang lagi ulang tahun, tulisannya pake nada terharu gitu, yang bisa ngebuat orang lain sampe nangis bombay ngebacanya. Tapi udah lewat jaman yang begituan. Udah lewat masanya orang begitu. Ini saatnya buat tulisan yang bikin orang ketawa ngakak akibat baca tulisan mengenai orang tua saya nyang lagi ulang tahun hari ini, 12 Februari 2013.

Nyokap saya bernama lengkap Ainun. Tanpa ada nama tengah, tanpa ada nama belakang. Kecuali dulu emang gw kurang kerjaan nambahin nama Siti di depan nama Nyokap. Menjadi Siti Ainun. Dulu mah ngertinya kalo Siti itu nama Arab buat cewek, semacam Siti Khadijah R.A dan Siti Aisyah R.A. Bah ternyata gw salah, Siti adalah panggilan untuk wanita yang dihormati dalam bahasa Melayu. Tapi okelah selama artinya bagus. Gimana engga bagus coba, pemilik nama Ainun itu rata-rata orang besar men. Contoh yang pertama istrinya Pak Habibie, juga namanya Ainun, bro! Nah keinget kan, dibalik pria yang sukses terdapat wanita yang hebat! Yah contohnya semacam Bu Ainun Habibie ini, gimana beliau caranya mendukung Pak Habibie hingga mampu sampe jadi seperti sekarang. And, contoh yang kedua ya nyokap gw ini :p

Nyokap gw lahir tahun 1964 sebagai wanita bersuku Sunda-Betawi. Jadi, udah kebayang kan gimana sifatnya? Cantik karena orang Sunda, lumayan cerewet juga karena keturunan Betawi. Tapi puji Tuhan kecerewetan beliau juga yang bikin gw jadi seperti ini sekarang. Meski Bokap-Nyokap cuma lulusan SMA, tapi beliau pengen semua anaknya punya gelar Sarjana. Dua udah berhasil, sekarang tinggal gw yang harus menuntaskan misi tersebut. Hahaha! Siap Kapten!

Meskipun Nyokap cuma lulusan SMA, tapi gw mau kasih gelar Sarjana buat Nyokap gw. Pertama, gelar Sarjana Pendidikan, disingkat S. Pend. Mengapa? Karena udah mampu ngedidik anak-anaknya sampe ke level segini. Anak pertamanya sarjana, anak keduanya sarjana, insyaAllah anak ketiganya jadi Professor. Gelar yang kedua S. Kat. Singkatan dari Sarjana Katering. Yak, Nyokap pinter masak dan sekarang punya usaha katering di rumah. Meskipun kecil-kecilan, tapi udah sangat cukup buat ngebantu Bokap ngebiayain kuliah anak-anaknya (Y). Nyokap bisa masak dari makanan berat sampe makanan ringan. Tapi Nyokap belum bisa bikin Bika Ambon :(. Tiap kali bikin Bika Ambon malah jadinya Martabak -____-. Semangat Bu (-_-)9

Nyokap gw gapteknya parah. Pernah suatu ketika gw lupa matiin komputer terus pergi main. Kompie nyala sampe mau magrib dengan kondisi musik yang masih main. Nyokap engga tau cara matiinnya, jadi dipencet aja monitornya, speaker di off, kabel dicabut. Ok. Untung kompie engga kenapa-kenapa. Cuma sekarang suka merenung sendiri di pinggir jendela.

Hape nyokap gw sekarang adalah Samsung Galaxy Mini. Dan buat lu tau aja, nyokap engga tau cara matiin itu hape begimana. Cara nyilent tu hape aja nyokap engga tau caranya gimana. Alhamdulillah nyokap masih bisa ngirim SMS. Berharap suatu hari Nyokap punya akun twitter dan ngeretweet gw, "Heh gimana skripsi lu?"

 Nyokap pose bareng bokap and cucu

 Nyokap pas nganter kakak kedua wisuda.

Suatu hari nyokap pernah marah sampe mau ngusir gw dari rumah gegara gw minta uang 500 perak buat jajan. Sekarang malah nawar-nawarin, mau jajan ga? mau jajan ga? Hahahaha :D

Great Mother Comes Great Man, Love You, Ibu :D

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!
Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan