the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Friday, January 13, 2012

Time Value of Money

Suatu hari teman anda datang kepada anda dan berkata bahwa dia telah memenangkan sebuah tender pekerjaan. Jika anda mau bergabung dalam tim kerjanya, anda akan mendapatkan bagian berupa upah sebesar Rp 12 juta, yang bisa anda ambil langsung saat ini, diambil per bulan, atau langsung semua di tahun depan ketika proyek tersebut telah selesai. Dari kedua jenis pembayaran tersebut, mana yang akan anda pilih?



Jika anda belum memahami konsep “waktu uang”, ada baiknya anda mulai mempelajarinya. Bukan berarti mematerialisasikan semuanya, melainkan melakukan tindakan preventif agar nilai investasi anda tidak mengalami penurunan.
Konsep “waktu uang” membantu seseorang menentukan nilai uang di masa yang akan datang (future value) ataupun kebalikannya, yaitu menaksir nilai uang dari masa yang akan datang pada masa sekarang (present value).
FUTURE VALUE
Sesuai namanya, FV adalah metode untuk menilai besaran uang di saat ini jika diterima di masa yang akan datang. Anggaplah anda akan menerima upah anda tadi sebesar Rp 12 juta saat ini, apakah nilai ini sama dengan penerimaan 12 juta setahun kemudian?
Berikut perhitungannya:
FV = PV x (1 + r)^n
FV = Future Value
PV = Present Value (dalam hal ini yaitu 12 juta)
r = besaran suku bunga yang berlaku, bisa dari suku bunga bank Indonesia, deposito, dll yang dianggap relevan, kita ambil 6% SBI)
n = tahun terikat (periode, dalam kasus ini adalah 1 tahun)
Maka, Future Value dari kasus kita adalah:
FV = 12 juta x (1 + 0.06)^1
FV = 12.720.000,-

PRESENT VALUE
Metode ini digunakan jika kita menerima uang di masa yang akan datang, dan ingin melihat besarannya jika dilihat saat ini. Biasanya, PV digunakan untuk menilai harga wajar saham dan obligasi. Dalam kasus kita, anggaplah anda akan menerima Rp 12 juta total, di akhir masa kerja anda. Berapakah nilainya jika diterima saat ini?
Dengan menggunakan rumus PV:
PV = FV / (1+r)^n
Maka,
PV = 12 juta / (1+0.06)^1
PV = 11.320.755,-

Apa implikasinya dalam kasus kita?
1. Jika anda hendak mengambil upah anda sebesar Rp 12juta saat ini, maka anda bisa menginvestasikannya di tempat lain (misal di bank), dengan patokan bunga 6% maka uang anda akan bernila Rp 12.720.000,- setahun kemudian.
2. Jika anda berniat menangguhkan saja pembayaran upah anda di tahun depan, maka dari uang Rp 12 juta yang dibayarkan, sesungguhnya hanya bernilai Rp 11.320.755,- saat ini.
Nah, jika saya jadi anda, tentunya saya akan mengambil opsi yang pertama, yaaah kecuali uang anda memang sudah banyaaak Smile with tongue out

Semoga bermanfaaat!

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!
Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan