the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Wednesday, June 20, 2012

Mai-Mai Restoran Ikan Bakar!

Sebelum membaca artikel ini, perlu diketahui kalo ini bukanlah tulisan berbayar, melainkan sebagai sebuah bentuk rasa terima kasih untuk Mai-Mai Ikan Bakar yang telah memberikan kesempatan kepada kelompok KKN kami untuk melakukan kegiatan dalang dana selama 4 hari di restoran tersebut.

Ceritanya begini, di UGM, khususnya di kampus saya, ada sebuah mata kuliah wajib berjudul Kuliah Kerja Nyata aka KKN. Nah program ini merupakan tugas suci dari LPPM UGM. Intinya si sebenarnya hampir mirip seperti kerja sosial, intinya membangun tempat yang akan kita jadikan lokasi KKN. Namun, sayangnya LPPM UGM tidak menyediakan dana untuk pelaksanaan program ini. Artinya, setiap program KKN yang diajukan harus dicari dananya sendiri oleh mahasiswa, entah itu melalui iuran mahasiswa, maupun donatur ataupun apalah itu. LPPM hanya menyediakan dana bagi peserta yang mendapatkan hibah dari presentasi yang dinilai paling baik. Ya begitudeh..

Nah untuk sekedar meringankan beban pendanaan program yang cukup besar, kelompok kami melakukan penggalangan dana. Mulai dari berjualan pie susu asli Bali, sampai menjual tiket Mai-Mai Ikan Bakar ini. Kebetulan, teman-teman dari Bali ada link ke resto khas Bali ini, jadi ya begitudeh program ini dirancang.

image

Logo Mai-Mai Ikan Bakar

Mai-Mai Ikan Bakar adalah restoran khas Bali yang berlokasi di daerah Seturan. Kalau tau Superindo dan Tiu Ciu 88 nah Mai Mai Ikan Bakar ada di sebelah kiri mereka. Restoran ini menyediakan hidangan seafood, bebek, ayam, menu vegetarian. Untuk seafoodnya, ada Ikan Cakalang, Udang, Kerang, Cumi, Kerapu, Gurami, Barakuda, dll. Bisa pilih juga mau di bakar atau cukup digoreng. Semuanya disajikan dengan bumbu Bali dan sambel khas Bali juga, sambel Matah.

Nah untuk kupon makanan yang kita jual ke konsumen ada dua paket. Setiap kupon harganya Rp 20.000,-. paket yang disediakan adalah Paket A yaitu Ikan Cakalang (bakar/goreng) dan Paket B Ayam (bakar/goreng). Kedua paket ini dilengkapi nasi bakul, plecing, sambel, dan minumnya teh (es/hangat).

Lewat penggalangan dana ini kelompok kami berhasil menjual sekitar 140an kupon, hasil yang cukup lumayan untuk masa edar 1 minggu yak.

image

image

Penampakan restoran dan contoh menu di Mai-Mai Ikan Bakar

Nah tadi sekian cerita tentang kuponnya. Di Mai-Mai, kita bisa beli menu yang beragam lho. Semisal nih kemarin kepingin menyantap yang namanya ikan Barakuda. Meskipun ada kata “kuda” dalam Barakuda, ini benar-benar ikan. Dan meskipun kecepatan renang barakuda juga fantastis seperti lari kuda, Barakuda benar-benar ikan. Dan meskipun ada kata “Uda” dalam Barakuda, dia juga bukan orang Padang. Menu disana belinya per ekor, dan tiap ekor dihitung beratnya, per ons ikan dihargai Rp9.000,- Nah ga mahal kan? Kalo ga ada kocek yang mencukupi untuk beli ikan yang sistem ons, bisa kok beli paket ikan di sana, biasanya ikannya ikan Cakalang. Murah cuma Rp 10.000 udah lengkap sama minum :D..

Kerupuk? Ada kok kerupuk, tinggal jalan ke deket kasir ada toples kerupuk ijo-ijo yang merknya Safri apa Jufri gitu ga tau juga ai.. Area parkir juga cukup luas, parkir motor di depan kalo mau parkir mobil di belakang. Bayar parkir standarlah. Oiya dilarang naik kendaraan seperti Kopata dan Helikopter ya. Bingung parkirnya dimana soalnya di depan Mai-mai termasuk jalanan yang padat.

Buat nunjukin kalo kita engga boong pernah buat acara di sana nih kasih dah fotonya :D

IMG-20120613-03133

Tengok ke kiri…

IMG-20120613-03134

Tengok ke kanan…

2011-04-12 18.37.02

Yuuuuk makaaaan :|

--------------------------------------------------------------------------------------------

“segenap kru KKN Kutuh 2012 mengucapkan terima kasih kepada Mai-Mai Ikan Bakar dan teman-teman yang sudah berpartisipasi baik yang membeli kupon, maupun yang mengajak dosen, keluarga, saudara, pacar, maupun teman dekatnya. Tanpa kalian semua kita ga tau berapa kupon yang bakal bisa terjual… hihi :D”

2 tanggapan:

ARDIANSYAH JTS said...

Terimakasih infonya gan. Kbetulan baru mau buka warung di
perumahan di lamongan

ARDIANSYAH JTS said...

Terimakasih infonya gan. Kbetulan baru mau buka warung di
perumahan di lamongan

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!
Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan