the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Thursday, May 5, 2011

Tentang Ular

Ular. Binatang melata. Berjalan dengan perut. Reptilia. Binatang yang bisa ganti kulit. Berderik. Ada yang berbisa. Ada yang tidak. Kobra dan Piton. Pisang.

 

Ada dua binatang yang paling saya jauhi selama ini. Yang pertama itu laba-laba. Meski laba-laba punya sejarah baik sama Rasulullah SAW, entah kenapa tiap liat laba-laba (yang gede dan ada bulu-bulunya gitu) bawaannya merinding dan pengen segera ngalihin pandangan. Dulu di kamar mandi rumah ada laba-laba rumahan yang gedenya segede 4 jari, sambil bawa buntelan telor segede permen mentos! Bayangin! Itu laba-laba cewenya, yang cowo item dan berbulu cuma lebih kecilan dikit. Itu kalo saya mandi (pas masih SD gitu) mandinya mesti jauh2 dari tu laba-laba. Pernah sampe bawa sapu ke kamar mandi buat jaga-jaga kalo laba-labanya nyerang (Sad smile).

 

Pernah juga pas lagi buang air kecil, tau-tau laba-laba yang kecilan (mungkin anaknya atau keponakannya yang tadi) itu loncat ke badan saya dan ngerangkak ke kaki. Wah saya loncat loncat sambil si “adek” belum ditutup (masih SD lho!).

 

Nah kalo ular ini baru semenjak mau masuk SMP saya jauhin. Pertama karena waktu itu ada uler kobra 2 meter mungkin panjangnya nampang di depan saya. Dasar uler aneh mungkin kedinginan karena ujan, tau-tau masuk ke rumah lewat saluran pembuangan dapur. Waktu itu saya lagi mau ambil gunting untuk motong kertas jawaban di LKS UN. Tuh uler korba tau-tau aja jalan di depan saya. Brrrrrrt. Tau aja anak kelas 6 SD ngeliat uler segede itu. Langsung manggil,, “ayaaaaaaah…. ayaaaaaah… ayaaaaaah.. ada uler korba tuh di dapur. Item panjang banget”.

 

Si Ibu langsung aja tuh nutup pintu dapur. Si ayah uda tau-tau aja manjat jendela. Dan si Ibu bilang, “Ta minta garem ke Thofa (tetangga sebelah)”. Bukan ga punya garem, tapi garemnya ada di dapur yang tadi dilewatin uler. Akhirnya segala macem cara dicoba buat ngusir si uler. Mulai dari disiram garem, sampe disiram air panas.

 

Alhamdulillah ulernya keluar, tapi sayang, ada anakan kucing di luar yang mungkin sempet kena gigit sama si uler dan kemudian mati besoknya.

 

Sebenarnya yang jadi masalah bukan binatang uler. Tapi mimpi tentang ular.

 

Beberapa tahun lalu saya sempat punya masalah dengan mimpi ular. Waktu itu kelas 3 SMP. Saya dimimpiin 3 ekor uler yang ngelilit badan saya, tapi bukan ular sanca atau piton. Ularnya kurus kaya kobra. Tapi ga bentuk sendok mau matok, cuma ngelilit doang. Hitam legam memang.

 

Entah kenapa setelah itu saya kehilangan orang yang (waktu itu) saya suka, lewat cara yang katakanlah sangat menyakitkan. (Well, it’s my past so I rather not to talk about it ^_^).

 

Dan, beberapa hari yang lalu. Hari selasa, 3 May 2011 kalo ga salah. Saya dimimpiin uler (lagi).

 

Mimpi yang pertama itu, saya ngeliat diri saya ada sedang ada dalam sebuah pertemuan. Disana ada saya, ada Pipit Mutia Sari, ada Iyus, dan beberapa orang yang saya lupa siapa. Orang yang jadi pusat perhatian tiba-tiba ngelempar uler kecil ke Iyus. Iyus ngindar jadi tu uler jatuh ke tanah gitu aja. Pipit juga dilempar, tapi sama dia ulernya dipukul pake buku folio, mental ke tengah. Tapi begitu uler di lempar ke saya, tangan saya ga bisa gerak. Jadi tu uler jatuh di pundak saya, masuk lewat kerah baju dan jalan-jalan di dada dan perut saya. Saya ga bisa gerak. Sampe akhirnya uler itu keluar dari bawah celana saya.

 

3183-Red_Snake

 

Belum sempet saya ngeliat uler di celana saya, saya seperti kebangun. Saya bisa liat saya lagi tidur di kasur saya. Di pojokan utara kamar tujuh. Saya tidur terlentang. Begitu buka mata, ada kobra besar lagi ngacung siap matok. Badannya item legem. Tapi kepalanya merah, semerah seperti habis dipilok. Dan saya bener-bener ga bisa bergerak. Mungkin karena sangat ketakutan liat uler segede itu di samping saya.

 

Tau-tau aja tu uler ngempes dan mulai jalan di samping badan saya. Sampe pas tu uler ada di samping badan saya, saya coba beraniin gerakin tangan dan megang kepala tu uler. AllahuAkbar, badan saya gemetar. (dan saya yakin meski saya tidur, badan saya benar-benar gemetar). Kepala ular itu ketangkep. Tapi badannya ga ngelawan, dia diem. Anget kulit si uler bener-bener kerasa di tangan.

 

Kepalanya tetap saya pegang sampe uda ga tau berapa lama. Sampe akhirnya saya entah gimana caranya yakin itu cuma mimpi. saya kumpulin keberanian sambil istighfar aja. Dalam hati cuma bilang, timpa ni uler pake pundak lu, dan elu akan bangun. Beneran, Alhamdulillah saya bangun dan memang saya deg-degan luar biasa. Sudah jam 7 dan saya lupa shalat subuh. Astaghfirullah.

 

Matahari udah naek jauh, shalat subuh sudah ga terkejer lagi. Saya langsung coba mandi dan ngejer kuliah akmen.

 

Saya sempat kirim sms tentang mimpi saya ke Pipit. But there’s no reply. Until today.

 

Dan jika dibilang mimpi tentang ular itu bad omen. Mungkin cuma kebetulan, tapi kali ini benar adanya. Orang yang saya sayang itu pergi. Benar-benar pergi. Tanpa pamit Punch.

 

That is why I hate snake.

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!
Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan