the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Friday, May 20, 2011

Pembangkit Semangat Tenaga Lagu

A real song is a song that connect you to the real feeling inside your heart and mind. It makes you stronger, It brings you forward.

Uta – 2011

Lagunya Pink, Jessie James atau Amy Lee?

Lagu favorit (yang saya nobatkan sebagai The Soundtrack of My Life) ini sudah beredar sekitar 8 bulan lebih, tapi jujur baru pertama kali mendengarnya itu sebulan yang lalu. Saat itu entah mengapa di akhir salah satu acara berita di stasiun televisi swasta, diputarkan videonya. Saya sendiri pangling dengan wajah penyanyinya, saya pikir wanita dalam video itu adalah Pink atau mungkin Amy Lee. Keterangan yang ada pun hanya courtesy dari sebuah situs video. Dasar tak update tentang lagu, justru saya pikir itu lagu dari Pink atau mungkin Jessie James (waktu itu keduanya sedang in banget di radio). Saat saya konfirmasikan ke teman saya, ya jadi diketawain. “Ini mah lagunya Mbak Seksiii udah dari jaman kapan kaleee,” katanya. Ya sudahlah, cukup tahu saja jadi apa wajah saya diejek seperti itu –______-.

 

Terlepas dari semua itu, semenjak hari itu lagu ini langsung masuk ke daftar main saya, jika tidak sedang mendengarkan saluran radio favorit, Swaragama FM (101.7 fm Jogja). Bersama dalam daftar main saya juga ada The Eye of The Tiger versi Foreigner, Hidup Adalah Perjuangan dari Dewa 19, I Can’t Stop Loving You dari Van Halen, dan beberapa lagu lagi dengan tempo main yang hampir sama. Akan tetapi, lagu itu tetap jadi lagu kesukaan saya.

 

Lagu itu berjudul Fireworks. Milik Katy Perry.

 

katy-perry-firework

 

Katy Perry dan Fireworks

Katy Perry. Wanita cantik yang muncul sebagai penyanyi solo di pentas lagu internasional dengan begitu cepatnya. Hampir sama dengan Lady Gaga, Katy Perry memukau jutaan orang di dunia dengan penampilannya yang khas. Dua lagu dari Katy Perry yang saya kenal di antaranya Teenage Dreams dan Fireworks. Yap! Cuma dua. Saya tidak terlalu mengidolakan Katy Perry sebenarnya, namun lagu Fireworks miliknya ini begitu spesial! Begitu spesial hingga saya menjadikannya The Soundtrack of My Life!

 

Dirilis pada 16 Oktober 2010 oleh Capitol Records, lagu ini muncul sebagai lagu favorit Katy Perry secara pribadi di album Teenage Dreams. Secara khusus, Katy menyatakan,”I hope this could be one of those things where it's like, 'Yeah, I want to put my fist up and feel proud and feel strong” (dikutip dari wikipedia.com). Lagu yang diciptakan oleh Katy Perry dan timnya ini memang dimaksudkan untuk memberikan semangat ke anak-anak muda yang mencari jati diri. Terutama yang belum punya kepercayaan diri atau sedang dalam keadaan putus asa.

 

Apa yang saya katakan di atas, tergambar jelas dari tiap baris lirik dalam lagu ini. Perry memulainya dengan pertanyaan-pertanyaan keraguan apa yang ada dalam diri kita, kemudian mencoba meyakinkan kita, bahwa dalam diri tiap-tiap orang ada sesuatu yang unik dan istimewa, yang mereka bisa gunakan untuk bangkit dari sebuah keterpurukan. Hal yang sama juga coba diutarakan Christina Aguilera dalam Beautiful, namun yang membuat lagu Katy Perry ini lebih unggul mungkin karena beat-nya yang luar biasa dan cocok sekali dengan makna lagu ini ^_^.

 

Katy-Perry-Firework1

 

Inti dari lagu ini akan bisa kita lihat dengan lebih jelas di video klipnya. Di sana, digambarkan Perry sebagai seorang wanita yang dari tubuhnya keluar cahaya kembang api yang memberikan inspirasi ke banyak orang untuk juga ikut bercahaya ^_^. Ada seorang remaja wanita gemuk yang tidak percaya diri untuk ikut berpesta dengan teman-temannya, seorang anak kecil yang terkena penyakit leukemia, kemudian anak laki-laki kecil yang mengumpulkan keberanian untuk melerai orang tuanya bertengkar, dan beberapa ilustrasi lainnya. Orang-orang tersebut kemudian melakukan sesuatu, yang saya pastikan akan merubah caranya memaknai hidup setelah itu. What a meaningful message it is!

 

Fireworks, In Definition

Do you ever feel like a plastic bag
Drifting through the wind
Wanting to start again


Do you ever feel, feel so paper thin
Like a house of cards
One blow from caving in


Do you ever feel already buried deep
Six feet under scream
But no one seems to hear a thing

 

Perry mengawali Fireworks dengan bertanya kepada orang-orang, apakah mereka pernah berada dalam suatu situasi yang menyedihkan, yang membuat mereka seperti kehilangan semangat untuk melakukan hal lain. Atau, pernahkah mereka berada dalam suatu kekangan yang membuat mereka merasa kesepian. Begitu kesepiannya hingga merasakan tak ada lagi arti hidup di dunia.

 

Do you know that there's still a chance for you
Cause there's a spark in you


You just gotta ignite the light
And let it shine
Just own the night
Like the Fourth of July

 

Di bagian ini, Fireworks berusaha membuka hati dan pikiran orang bahwa selalu ada kesempatan bagi semua orang, karena tiap-tiap orang itu unik dan istimewa. Yang perlu dilakukan oleh seseorang yang sedang putus asa adalah berpikir positif dan membiarkan aura positif mengiringi senyumnya. Perry berusaha mengajak orang untuk menikmati hari, untuk sesaat menyingkirkan semua beban yang ada di pundak kita ^_^.

 

Cause baby you're a firework
Come on show 'em what you're worth
Make 'em go "Oh, oh, oh!"
As you shoot across the sky-y-y


Baby you're a firework
Come on let your colors burst
Make 'em go "Oh, oh, oh!"
You're gonna leave 'em fallin' down-own-own

 

Ini dia bagian utama dari lagu ini, reffrain. Bagian yang paling memberikan irama dalam lagu ini mengajak orang untuk menunjukkan kepada dunia, siapa diri kita, dan bahwa sebenarnya semua orang itu memiliki arti tersendiri di dunia ini! Semua manusia itu unik dan mereka berhak untuk diperlakukan dengan sama ^_^.

 

You don't have to feel like a waste of space
You're original, cannot be replaced
If you only knew what the future holds
After a hurricane comes a rainbow


Maybe you're reason why all the doors are closed
So you could open one that leads you to the perfect road
Like a lightning bolt, your heart will blow
And when it's time, you'll know

 

Kembali Perry berusaha meyakinkan pendengarnya bahwa semua manusia itu unik. Berbeda antara manusia satu dengan manusia yang lain. Sudah saatnya menyingkirkan pikiran buruk bahwa perbedaan menjadikan seseorang terpisah dari masyarakat. Tidak. Semua orang memiliki keistimewaan masing-masing dan bait terakhir dari lagu ini meyakinkan pendengarnya untuk mengeluarkan keunikan itu, dan membuat seluruh dunia terpukau!

 

Boom, boom, boom
Even brighter than the moon, moon, moon
It's always been inside of you, you, you
And now it's time to let it through

 

Pembangkit Semangat Tenaga Lagu

Apa yang saya dapat dalam lagu ini adalah mungkin Perry ingin menyingkirkan perasaan adanya perbedaan antarmanusia yang selama ini muncul di dalam benak seseorang, lewat media pikiran orang itu sendiri. Sebagaimana kita tahu bahwa isu perbedaan semacam agama, ras, warna kulit, hingga ke jenis kelamin, adalah isu-isu kemasyarakatan yang sensitif di Amerika Serikat. Dan mengapa lagu ini kemudian saya rasa cocok sebagai The Soundtrack of My Life karena saya sempat merasa diperlakukan secara berbeda selama tinggal di Jogja. Entah itu karena saya berasal dari luar pulau Jawa, status ekonomi, atau apapun itu yang menimbulkan rasa rendah diri. Lagu ini mengangkat diri saya membuang semua perasaan negatif itu, untuk kemudian lebih mengapresiasikannya dalam karya dan prestasi, salah satunya adalah blog saya ini ^_^.

 

Sebelumnya, saya juga tidak aktif dalam berorganisasi. Akan tetapi, lagu ini juga mengilhami saya untuk mengumpulkan keberanian mengajukan diri sebagai salah satu staf Marketing Officer di organisasi usaha berbasis syariat Islam di kampus saya, FEB UGM. Selain itu, saya juga mengumpulkan keberanian untuk mencoba mencari informasi tentang lomba-lomba, baik akademik maupun pengolahan bakat semacam lomba menulis ini. Hasilnya memang belum banyak terlihat, tapi saya yakin, sebagaimana Perry mengungkapkannya dalam Fireworks, “even brighter than the moon”. Suatu hari, hasil gabungan dari niat, usaha, dan kerja keras itu, bisa jadi akan lebih terang dari apa yang kita harapkan. Amin!

 

Sudah bukan saatnya lagi bagi seseorang untuk merasa rendah diri. Orang-orang yang merasa rendah justru akan tertinggal. Yang perlu kita lakukan adalah bersyukur kepada Tuhan untuk semua yang telah Tuhan berikan kepada kita, dan percaya terhadap potensi yang ada di diri kita. Gagal atau tidak diterima adalah hal yang biasa. Ini saatnya untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita juga berharga!!

 

Thank you Katy Perry for this song! I love it so much!

 

--------------------------------------------

 

This post is made only for Katy Perry and my favorite radio :

 

182610_10150097090624947_87253749946_6459417_4561239_n

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!
Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan