kalau bukan kita, maka siapa?

the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

kalau bukan kita, maka siapa?

Monday, December 20, 2010

Globalization : Glocal Concepts

Jika anda pernah menonton sebuah film berjudul Up In The Air, pasti kenal sebuah istilah yang disebut di dalamnya. GLOCAL. Itulah istilah yang saya maksud. Dalam film tersebut, si "pemecat" muda, menjelaskan sebuah sistem "pemecatan" baru dengan teknologi video conferenca yang akan menghemat biaya dalam persentase yang luar biasa.

Nah apa si yang dimaksud dengan Glocal?

Glocal adalah sebuah penempatan konsep global dengan memperhatikan aspek-aspek lokal yang ada di daerah setempat. Ini merupakan salah satu strategi penempatan globalisasi dalam masyarakat. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam bagan berikut.


Secara langsung, ketiga strategi yang terangkum dalam bagan di atas adalah strategi perusahaan dalam keberlangsungannya di suatu negara.

Kita mulai dari kotak kosong yang ada di pojok kiri bawah bagan tersebut. Kotak kosong itu memang sengaja dikosongkan karena tak ada jenis strategi yang cocok dengan kriteria kotak tersebut. Kotak tersebut berada pada area Low Localization, Low Globalization. Jelas tak ada, bahkan warung kaki lima pun biasanya menerapkan strategi lokalisasi kan? (bukan lokalisasi tempat WTS lho..)

Nah kemudian berlanjut ke kotak diatasnya yang bertuliskan Local Strategy. High Localization Low in Globalization. Arti dari strategi ini adalah memberatkan sistem kerja perusahaan ke nilai-nilai yang lebih lokal. Contoh perusahaan yang menerapkannya adalah P&G (Procter and Gamble), perusahaan multinasional yang memproduksi barang berupa alat-alat kebutuhan mandi, misalnya sampo. Loh kok? Ya jelas begitu, kaakteristik rambut orang Amerika dan Asia pasti berbeda, jika P&G menerapkan komposisi yang sama, bisa merugikan konsumen yang memiliki karakteristik rambut berbeda kan...

Kemudian kotak bertuliskan Global Strategy. High Globalization Low in Localization. Kalau yang ini, perusahaan menerapkan nilai-nilai perusahaan secara global ke daerah operasinya. Saya lupa contohnya, nanti saya update lagi.

Kotak terakhir tentunya Glocal. High in Globalization and Localization. Contoh perusahaan ini adalah McDonalds. Di strategi ini, perusahaan membawa budaya global, namun tetap memperhatikan kilai-nilai yang ada dalam budaya lokal. Misalnya adat budaya, agama mayoritas dan lain sebagainya.

Nah sekian penjelasan tentang Glocal.. see you later..

Related Posts:

  • 30 minutes to Financial ManagementSebentar lagi. 30 menit lagi. akan dimulai sebuah kuliah yang paling tidak mengenakkan selama masa saya berkuliah di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM… Read More
  • Century dan Jogja (Part 1)Baru kemarin saya bahas tentang masalah RUU Keistimewaan Jogja. Hari ini saya dapat pencerahan entah darimana asalnya. Bukan sekedar bicara tentang du… Read More
  • Finance Management, 13-12-2010Apa yang gw bilang coba tentang finance management? Bener kan mereka pada tidur dan ga bisa pada konsentrasi dengan keadaan kelas yang begitu.. Situa… Read More
  • Century dan Jogja (Part 2)Nah, melanjut dari pembicaraan yang kemarin, kita akan masuk ke penyelidikan atas dugaan pengalihan isu yang dilakukan oleh beberapa pihak. Percaya g… Read More
  • Mau Gimana, Jogja?Belakangan ini orang Jogja lagi pada anget-angetnya ngomongin cara pengisian kursi Gubernur dan Wakil Gubernur. Segala dari yang pake demo, sampe yang… Read More

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan