the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Thursday, February 10, 2011

As a Counselor Assistant... (Holiday Story!)

Begitu diterima magang di SMA ane, Pak Yudo langsung ngasih wejangan tentang apa yang harus seorang Counselor lakukan di sekolah ini. Student Conduct Management Dept. adalah sebuah departemen di SMA ane yang bertugas melakukan pembinaan terhadap siswa dari sisi conduct-nya, seperti misalnya sikap, perilaku, kebiasaan, kemandirian, dll. SCM tidak berhubungan pelajaran-pelajaran di sekolah, namun secara khusus menempatkan diri pada pembinaan mental siswa. Jika di SMA negeri, mungkin SCM dapat disejajarkan dengan bimbingan konseling atau guru BP.

SCM di SMA ane unik. Sekolah ane mempersiapkan khusus sebuah sistem bernama GSL dan MSL.

GSL atau Good Conduct Slip merupakan slip yang diberikan kepada siswa sebagai bentuk apresiasi atas suatu hal baik ataupun membanggakan yang dilakukan oleh siswa. Perbuatan ini misalnya adalah aktif dalam diskusi, mendapatkan peningkatan dalam hasil belajar, ataupun memenangkan kompetisi di luar sekolah. Pemberiannya bertingkat dari level 1-2-3, tergantung apa yang telah siswa capai. Setiap level memiliki masa berlaku marginal 1 minggu, dan dapat diakumulasi. Hasil dari akumulasi level GSL tersebut akan direkam, dan jika telah mencapai suatu level tertentu, akan diberikan sertifikat ataupun trofi.

Sedangkan MSL atau Misconduct Slip merupakan slip yang diberikan kepada siswa apabila siswa melakukan suatu tindakan yang kurang baik ataupun melanggar peraturan sekolah. Misalnya memiliki rambut dengan panjang lebih dari 4 cm untuk pria, berbohong, ataupun tidak membawa buku teks ke dalam kelas. MSL juga memiliki tingkatan 1-2-3 juga tergantung dari apa yang telah siswa lakukan. Sebagai bentuk pembinaan, dari setiap kesalahan (misconduct) yang dilakukan siswa, akan dikenakan konsekuensi, namun bukan hukuman. Konsekuensi sifatnya lebih mendidik dan memang harus diberikan berdasarkan pertimbangan hasil dari konsekuensi tersebut.

Berlanjut ke metodenya, sebagai konselor setidaknya mesti punya 3 skill mumpuni.

Skill yang pertama adalah Kemampuan Mengobservasi. Melakukan pengamatan terhadap keseharian siswa ataupun masalah yang dialami siswa, meneliti bagaimana permasalahan tersebut bisa muncul, dan lain sebagainya.

Skill yang kedua adalah Kemampuan Memberikan Solusi. Merangkum dari semua hasil observasi untuk menarik kesimpulan berupa solusi yang bisa ditawarkan ke siswa atau siapapun itu.

Skill yang ketiga adalah Kemampuan Berkomunikasi. Kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang telah didapat dari hasil observasi dan solusi yang telah didapat kepada siswa sehingga siswa dapat mengerti dengan baik apa yang dimaksudkan.

3 skill ini sebelumnya didahului dengan 3 pertanyaan dasar:

WHAT, apa yang terjadi?

WHY, mengapa hal itu bisa terjadi?

HOW, bagaimana caranya untuk bisa menangani masalah tersebut?

Oiya, dan ini kantor Pak Yudo, yang jadi kantor sementara saya buat 3 minggu terakhir.






See you...

2 tanggapan:

Anonymous said...

been a great honor having you as my counselor assistant.. having you as my assistant just like a treasure that being in spot light and could not be miss by other.. thank you for all your hard work during your personal apprentice program.. i hope from all experience (include riding under the rain from kindy) will give you more insight to do great things in your life.. looking forward to meet you again..

Muhamad Hasan Putra said...

Ini mesti Pak Yudo. Thanks back Pak, the things that I got from the program are so useful. Beside I got time to practice English, now I can put more control in flowing my emotion (because we need to be patient in facing students, I use it too when I face a problem).

Anyway, Thanks for being my tutor there.. ^_^

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan