the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Saturday, February 12, 2011

Student Development... (Holiday Story!)

Di sekolah saya, ada sebuah program yang dinamakan "development". Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru kepada pesertanya, dimana pengetahuan itu diluar materi pembelajaran sekolah. Pesertanya ada 2, para pengajar, dan siswa.

Jika program development diikuti oleh para tim pengajar, maka program ini dinamakan Professional Development. Hal-hal yang diberikan dalam program ini misalnya adalah strategi pembinaan mental siswa, cara mengontrol emosi, memecahkan masalah yang dialami siswa, dll.

Jika program development ini diikuti oleh siswa, maka namanya menjadi Student Development. Biasanya yang diberikan adalah pendidikan sikap dan tingkah laku yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hari pertama ada di sekolah, saya langsung diminta ikut mengisi SD dan besoknya ikut PD.

SD yang saya isi bertemakan stress manajemen, diberikan kepada siswa SMP kelas 9. Mereka kan bentar lagi pada mau ujian nasional, jadi ada kekhawatiran diantara mereka terjadi yang namanya stress. Kalo stressnya dapat dikendalikan dan jadi hal yg positif si mending, kalo kebalikannya? no one knows.









Tugas saya si ya sebagai asisten paling cuma buka, instruksiin game, belum dikasih untuk bawa materi. Ngerinya salah-salah. Haha.. kidding.

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan