the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Friday, February 11, 2011

A Life Lesson....Part 2 (Holiday Story!)

Zooey Deschannel
Sebelum masuk ke kebiasaan berikutnya dan sebelum lupa juga, penting buat teman-teman juga untuk menentukan pusat hidup kalian. Apakah kalian akan terpusat pada orang tua, teman, pacar, sekolah, atau terpusat pada prinsip hidup yang telah kalian buat sendiri?

Terpusat pada orang tua misalnya begini selalu mengikuti permintaan orang tua tanpa menghiraukan apa yang sebenarnya diri kalian inginkan. Terpusat pada teman misalnya meninggalkan hal-hal yang lebih penting untuk dikerjakan demi pergi bersenang-senang dengan teman. Terpusat pada pacar misalnya mudah berubah mood akibat hubungan yang kurang baik dengan pacar kalian. Terpusat pada sekolah misalnya meninggalkan kebutuhan pribadi untuk memenuhi target sekolah...

Yang mana pusat hidup seseorang adalah sebuah pilihan. Dan bagi saya yang setuju dengan apa yang diungkapkan dengan Sean Covey, pusatkan hidup pada prinsip. ^_^ .

Misalkan, beberpa prinsip hidup saya adalah.... bersyukur, kejujuran, pelayanan, kasih, kerja keras, hormat, sederhana, adil, integritas, loyalitas, bertanggung jawab, dan seimbang. Anda?


Kebiasaan Ketiga : Menentukan Prioritas "First Thing First"

Kebanyakan orang tidak menentukan prioritas dalam hidupnya, apa yang disuka itulah yang dilakukannya, apa yang disuka, itu yang dibelinya. Prioritas menjadi penting karena begitu besar peranannya bagi hidup kita ke depannya. Umpamakan hidup sebagai sebuah proses yang teratur. Ada urutan 1, ke 2, ke 3, dan berakhir di 4. Dimana hasil pekerjaan di urutan sebelumnya menentukan urutan selanjutnya. Bayangkan jika urutan ke 4 adalah mati. Dan karena anda suka angka 4, maka anda melakukannya! Padahal prioritas yang harus anda lakukan adalah urutan 1 dulu, bisa bayangkan?

Itulah pentingnya menentukan prioritas. Bukan berarti membuat hidup kita penuh peraturan dan terkekang oleh berbagai hal. Namun, ini keteraturan yang kita buat sendiri sesuai dengan kenyamanan dan hasil pertimbangan kita sendiri. Toh kita bisa mengubahnya sesuka hati kita.

Satu yang disarankan dari kebiasaan ini misalnya adalah dengan membuat To-Do List atau daftar hal-hal yang mesti kita kerjakan. Misalnya dengan membuat jadwal pengerjaan suatu hal, atau mendaftar daftar belanjaan yang harus dibeli, dan lain sebagainya. Trust me, it works.


Kebiasaan Keempat : Utamakan Menang-Menang

Apa itu menang-menang? Win-win solution maksudnya. Solusi dimana kepentingan kedua belah pihak dapat difasilitasi sehingga tidak perlu terjadi konflik berkelanjutan. Win-Win berarti seimbang dan adil. Seimbang dan adil bukan berarti 50:50. Namun bisa juga berarti 60:40 ataupun 70:30, tergantung kondisinya.

Yang pasti adalah ada usaha diantara kedua belah pihak untuk sama-sama mengerti konsep win-win dalam konteks permasalahan mereka.


Kebiasaan Kelima : Memahami Orang Lain Terlebih Dahulu

Pernahkah teman-teman disinggung begini oleh orang lain, "kamu tau ga kenapa Tuhan kasih kita dua telinga dan sebuah mulut?" Yang mengerti si jelas tau, supaya kita banyak mendengarkan orang lain ketimbang banyak bicara.

Poin ini mestinya sudah sangat jelas karena sudah sering kali dibahas....

Kebiasaan Keenam : Bersinergi

Bersinergi berbeda dengan sekedar bekerja bersama, bersinergi itu 1+1 = 3. Ada keuntungan yang lebih dari sekedar keuntungan pribadi yang didapat dari pekerjaan bersama tersebut.


Kebiasaan Ketujuh : Mengasah Diri

Ibarat pisau, suatu saat akan bisa tumpul juga. Hampir sama seperti pisau, kita manusia juga mesti rutin mengasah diri kita. Mencoba hal baru, berekreasi, pergi ke tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi, bekerja paruh waktu, dan lain sebagainya. Tujuannya agar diri kita fresh!!

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan