the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Wednesday, December 15, 2010

Cerita Nama Saya

Semua pasti belum tahu nama saya...

Nama saya Muhamad Hasan Putra. Alias Uta. Ada cerita di balik nama itu. Bukan cerita juga si, lha wong saya mau ngobrolin makna dari nama saya itu.

Dimulai dari kata pertama, Muhamad.

Kalau soal Muhammad semua pasti tau. Ini nama manusia terbesar (secara apapun) dalam sejarah Islam. Beliaulah yang membawa kembali Islam ke dalam ajaran Islam yang murni dan mencerahkan dalam keselamatan. Muhammad juga sudah diakui oleh banyak kalangan sebagai pemimpin paling berpengaruh di sejarah dunia.

Itulah mengapa saya diberi nama Muhammad. Mungkin dengan harapan semoga saya menjadi setidaknya seperti Nabi Muhammad. Amiin.

Tapi, entah kenapa nama saya kurang satu M-nya. kalau Muhammad ada dua M-nya sehubungan dengan adanya tanda tasjid di atas huruf mim pada Muhammad. Entah kenapa saya cuma satu. Entah orang tua saya yang lupa, atau petugas aktenya yang tidak tahu (mungkin non-muslim atau memang lupa).

Kata kedua itu Hasan. Dalam transliterasi bahasa Arab, hasan adalah kata sifat yang artinya baik, tampan, bijaksana, rajin beribadah, rajin menabung, dan baik hati (silahkan pilah sendiri). Karena hasan di sini diletakkan pada seseorang, maka artinya menjadi orang yang baik *lho.

Kata ketiga itu Putra. ga usah dijelasin lagi deh. Ini kan jelas menandakan bahwa saya lelaki normal. kalo cewek jadi putri, kalo ga dua-duanya namanya apa dong?

Nama panggilan saya adalah Uta. sebelumnya saya tak ingat mengapa nama uta itu bisa muncul. dan tampaknya pun orang tua saya juga tidak tau pasti mengapa saya bisa dipanggil Uta.

Sampai akhirnya, guru sejarah saya yang cantik jelita, Heni Dwi Sari, menjelaskan kalo Uta itu berarti lagu, dalam bahasa Jepang. Wah, ternyata nama saya keren ya, ada arti bahasa Jepangnya. keren..

Apa lagi waktu tau di lagunya Humming Brook, Bink's Sake, nama saya diputar berkali-kali, wah merasa telah jadi orang paling terkenal sejagad.

selain ada Uta, saya juga dipanggil Aboey, nama kecil ini pemberian almarhum paman saya. Saya tak tahu artinya apa, belum sempat tanya karena almarhum paman wafat ketika saya masih kecil dan tak paham tentang hal tersebut. Kecuali coklat-coklat kecil yang diberikannya kepada semua keponakannya, dan tempat duduk di tangki bensin Honda A100 yang bakal terkenang seumur hidup tentang almarhum paman.

Well, itu semua cerita tentang nama saya. Saya juga pernah dipanggil botak, gundul, Mr. President, Aa', Hassat, dan lain-lain yang semuanya akan menjadi kenangan indah hidup saya.

Bagaimana dengan anda?

1 tanggapan:

Anonymous said...

kumis belum,,,,,,,,

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan