the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Wednesday, December 22, 2010

Ibu Saya, Ainun (bukan Ainun Habibie)

Yap, menyusul ditetapkannya hari ini sebagai hari Ibu baik di FB ataupun di Twitter, saya juga mau bagi-bagi cerita tentang Ibu saya...

Nama Ibu saya ini singkat sekali Ainun. *Ih-namanya-kampung-amat-si???* Weitts, ati-ati lu ye ngomong. Ainun memang bukan nama yang populer di masa sekarang. Tapi kalo kalian mau tau, Ainun itu artinya MATA. Iya, mata. Mata yang ada di kepala kalian itu, Nah itu artinya. Saya ga tau kenapa nama beliau Ainun. Kalo saya tanya juga, yang bersangkutan mungkin malah uda lupa..


Ibu saya mengaku lahir pada 12 Februari 1964. Saya lupa dimana, soalnya tiap ditanya katanya lahir di Singapore. Di caesar lagi. Hahaha...Kaga percaya..kaga percaya..

Kakek saya orang Sunda, Nenek saya orang Betawi. Jadi sebenarnya saya ini sudah bukan suku Palembang lagi sebenarnya. Apalgi orang Sumatra. Sudah campuran sama sekali. sudah Indonesia sekali.

Beliau lahir di Tanjung Karang, sedikit jalan dari Bandar Lampung. Sayangnya beliau juga lahir dalam kondisi keluarga yang tak terlalu berada. Nenek saya pintar bikin kue lho. Makanya mungkin dari situ si Ibu belajar buat kue sampai sekarang jadi master di kompleks..
Hahaha...

Saya tak tahu kapan Ibu saya menikah dengan Ayah saya. Pokoknya setelah setahun menikah kemudian kakak saya yang pertama lahir...

Ibu saya seorang pejuang lho... Begini ceritanya, waktu itu kan si kakak uda mau masuk SMA tuh, bentar lagi kuliah. Alamat ujian mantranya yang paling ampuh keluar, "Ayah Ibu gapapa ga kebeli rumah, ga kebeli emas, ga kebeli motor, yang penting anak-anak Ayah Ibu semuanya kuliah sampe selesai, jadi sarjana, baru setelah itu ntar kita beli rumah,,," ga tau ini mantra judulnya apa... hahaha

Tapi satu mantranya buat ane yang paling mantep, yang entah kenapa cuma diucapin ke ane..

"kamu kalo ga rangking jadi tukang batu aja."

Pernah cerita ini waktu SMA ke temen2.. eh si bapak gurunya malah ikutan nangis.. hahahaha

Ibu saya kemudian memulai sebuah usaha kecil-kecilan dengan berjualan kacang asin dan kacang pedas yang dititipkan ke Koperasi kompleks lewat tetangga yang uda lebih dulu jualan di sana.
Kemudian lewat Om saya, yang kebetulan jadi pembina koperasi di sana, si Ibu dibuatin akses sendiri buat dagang di koperasi. Nah dari situ usaha Ibu berkembang..

Si Ibu kemudian mulai jualan nasi uduk, Alhamdulillah laku..
Si Ibu terus jualan gorengan, Alhamdulillah laku,,,

tapi kok lama-lama mulai seret...

Si Ibu terus ganti topik ni, beliau belajar cara ngebuat yang namanya Pempek Palembang dan somaynya sekalian. Percaya ga percay, laku keras!!!! Si Ibu sampe bingung karena banyak yang kemudian malah mesen di luar dagangan koperasi..

Dari situ usaha Ibu terus maju, Ibu mulai bikin Roll Cake alias bolu gulung, Piramid Rice alias nasi tumpeng, Sleeping Semar alias Semar Mendem, Banana Leaves Rice alias Lemper, Mud cake alias Kue Lumpur, sampe Dried Potato alias Kering Kentang..
Hahaha.. banyak banget jenisnya sampe ane bingung gimana caranya si Ibu inget resepnya..

Pokoknya dari hasil gaji si Ayah plus hasil dagang si Ibu, mas Angga lulus kuliah di jurusan Perikanan dan Hasil Kelautan di IPB, sekarang dia kerja di ExsaMap, perusahaan pemetaan internasional di Jakarta,,
Hahaha..

Mbak Ieya' juga sekarang sudah hampir lulu dari Sosiologi Ekonomi Pertanian di UNILA..

Beruntung ane dapet bantuan dana dari Sugar Group, jadi sekarang si Ayah Ibu bisa kredit motor baru, nabung, dll.. Tapi kasian si Ayah Ibu, sendirian di Lampung.. Mas Angga uda di Bogor, Ria di Karang, ane di Jogja...
Ahhh kangen kangen kangen kangen...

Pengen cepet lulus, kerja, cari modal, bikin usaha peternakan, bikin rumah buat Ayah Ibu, naikin Haji Ayah Ibu...

Amiiin ya ALLAH................!!!! Yosh!!

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan