the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Thursday, December 23, 2010

Sekilas SMA Sugar Group


Waktu pertama masuk di FEB UGM, rata-rata semua dosen tanya kita si mahasiswa baru asal SMA-nye darimane aje? Semua jawabnya nyantai..

D=Dosen M=Mahasiswa

D : "Heh yang di pojok nama kamu siapa?"
M : "Tono,Bu"
D : "Dari SMA mana kamu?"
M : "Dari SMA Negeri 3 Pagi Los Angeles Bu, negara bagian Sichuan ngiri dikit"
D : "Oh, disitu, kamu sebelahnya. Siapa kamu dan dari mana?"
M : "Nama saya Jo, Bu. Asal Boyolali, SMA 6 Bu!"
D : "Oh Jo, Jonathan?"
M : "Bukan Bu, Jo untuk Jonas Bu! (kalo dibilang Joko kan uda basi tho yooo)"

Nah pas giliran ane yang ditanya kan pada bingung tuh..

D : "Heh kamu, yang imut dan ganteng itu, nama kamu siapa?"
Ane : "Nama saya Hasan Bu (yaiyalah pake saya, masa pake ane)"
D : "SMA-nya dimana sayang? (wajar dosen cewek cakep dikit ni yeee)"
Ane : "SMA Sugar Group, Bu. Di Lampung Tengah"
D : "Belum pernah denger itu, apa itu Sugar Group, Nak?"
Ane : "Pabrik Gula Bu, SMA-nya punya yayasannya pabrik gula itu.."
D : "Oh..pantesan kamu manis banget..."

Nah daripada pening njawabin satu-satu pertanyaan tentang Sugar Group itu apa, ni ane kasi aja sedikit penjelasan singkat tentang Sugar Group dan SMA-nya..

Sugar Group Companies itu adalah sebuah grup pabrik gula yang beroperasi di Lampung Tengah, Propinsi Lampung. Grup ini terdiri dari PT. Gula Putih Mataram -PT. GPM-(tempat dimana ayah saya bekerja), PT Sweet IndoLampung -PT. SIL-, PT. Indolampung Perkasa -PT. ILP-, dan PT. Indolampung Distillery -PT.ILD-. Semua perusahaan ini dulunya terpisah, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Grup Garuda Panca Artha (Jika saya tidak salah) untuk kemudian digabungkan menjadi Sugar Group Companies.

Jika masih bingung, tentunya kalian masih ingat tentang konflik pihak Salim Group dengan pemerintah yang kemudian melebar ke PT. GPA selaku induk dari SGC. Nah disitulah kemudian banyak pihak kemudian lebih mengenal profil SGC.

Dengan 4 bendera pabrik dan perkebunan gula, (3sebenarnya, PT. ILD adalah pabrik penghasil ethanol, produk turunan dari tebu), SGC mengklaim sebagai salah satu pabrik dan perkebunan gula terbesar di Indonesia, juga di dunia.

Salah satu merk yang terkenal dari Sugar Group Companies ini adalah GULAKU, gula pasir dalam kemasan yang menggunakan simbol ibu-ibu tradisional itu.

Nah, untuk berbagi dengan para karyawannya, sebelum SGC berdiri, telah ada yang namanya yayasan pendidikan tersendiri bagi anak-anak karyawan di perusahaan masing-masing. Datangnya pemilik SGC, atas nama Ibunda Rachmiwaty beserta kedua anaknya Bapak Gunawan Jusuf dan Bunda Lee Couhault dan tentunya keluarga besar, sistem pendidikan di kawasan SGC pun mulai dirombak.

Perombakan pertama diawali dengan didirikannya sebuah SMA nasional plus di kawasan tersebut. SMA ini kemudian dinamakan SMA Sugar Group. Siswanya tentunya diambil dari 4 anak perusahaan SGC ini. Pusat sekolahnya ada di GPM. nah, siswa-siswa yang tinggal di luar site GPM akan dijemput dengan naik bis khusus yang namanya bis "SEMUT" ahaha... bis ini pernah masuk ke UGM juga lho... diliatin anak-anak kecil dikira bis TK...

Oiya, 3 tahun berdiri, SMA kami baru dapat akreditasi lho.. nilainya 9.5! keren kan! nah ini akreditasi propinsi, saya kurang tau tentang akreditasi nasionalnya, karena saya uda keburu lulus. Nah, karena dapat akreditasi 9.5, otomatis sekolah kami langsung jadi sekolah favorit di propinsi kami. Sayangnya, SMA ini eksklusif hanya untuk anak-anak karyawan saja.. -____-

Di SMA ini semua biaya GRATIS. Dari yang namanya biaya masuk, tes masuk, sampe SPP gratis. Blas 3 tahun sekolah di sana orang tua ga pernah ngeluarin biaya yang dibayarin ke sekolah.

Tapi.. ada tapinya lho... di sini kita sekolah dari jam 7 pagi, sampe jam 7 malem, sampe dapet julukan SMA 77 Lampung. 7 pagi, 7 malam, maksudnya.. haha. Karena 77 itu, kita dapat libur di hari sabtu.. begitu..

Apalagi ya?Oh iya, di SMA ini, meski kita ga tinggal di asrama, tapi kita dapat snack, lunch and dinner lho..
Untuk snack kita dapetin 2 kali sehari, jam 9.30 pagi, sama jam 14.45 sore. Mau tau snacknya apa? Roti. Iya Roti, tapi Roti yang selevel sama Breadtalk yang di Amplaz itu.. hehe..Kadang juga tiap selasa dapat susu cair kotak yang 250ml itu lho.. hehe

Untuk makan siang dan makan malem porsinya itu kalo ditaksir harga sekarang kira-kira yang menu 8 sampe 9500 perak lah, kalo ga salah taksir ni. Pernah juga pas suatu acara di kasi dinner steak sapi plus kentang2an gitu deh, dasar perut rakyat mules-mules ane pulangnye. Ah kangen masakan SMA..

Satu yang unik itu, semua alat makan di SMA ane ada tanda Sugar Group Companies, lambang tebu yang ada di cardigan yang sering ane pake ngampus. hehehe.. Juga tiap mau makan besar selalu harus nyanyi Mars Sugar Group Companies.. nanti ane post terpisah..

Pernah waktu ane masi kelas 1 smester awal, nilai matematika rata-rata siswa SMA kami ini dianggep aga kurang enak, terus dapet deh perintah, naikin jam belajar buat Matematika. Jadi dulu tu belajar cuma sampe jam 3, terus ekskul gitu, tapi sekarang full belajar sampe jam 5 sore khusus matematika -____-! ampuun dah...
Banyak hal yang sebenernya asik diceritain tentang SMA ane, benci-benci sayang lah istilahnya. Disambung lain kali ya...Haha..

1 tanggapan:

SANDY friends said...

saya baru tau ada fasilitas cukup mewah di dalam lingkungan kebun tebu di Gunung Batin, Lampung Tengah.
itu pun berawal dari dosen saya yang bertanya mengenai kebun tebu tersebut yang kata beliau terdapat "kota kecil", dan saya jawab tidak tahu.
hehe..
saya sandy, studi di solo, asal kota bandar lampung, dan kampung halaman di gunung batin ,lampung tengah.
kebangetan yaa saya gk mengetahui hal ini.. hehe

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan