the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Saturday, December 18, 2010

One Piece!

Malem ini ane pengen ngebahas sebuah manga dari Jepang favorit ane. Sebenarnya si ini favorit nomor dua ane. Awalnya ane ngidolain banget yang namanya Dragon Ball. Ga ada bosen-bosennya dah, dari SD kelas 1 sampe SMP masi aja doyan nonton ini kartun. Tapi sejak SMA jadi jarang nonton. Wong tiap minggu kerjaannya ngapel doang tempat pacar (yang sekarang uda jadi mantan dan uda jadi milik orang lain itu... *duh curhat).

One Piece, entah siapa pencipta en pengarangnya, adalah sebuah manga Jepang bertemakan petualangan seorang pemuda biasa yang bertekad menjadi bajak laut terhebat di dunia. Dia adalah Monkey D. Luffy. Bersama crewnya, Bajak Laut Topi Jerami (Eng-Strawhat Pirates; Jap-Mugiwara Kaizoku), yang terdiri dari:
  1. Roronoa Zoro, seorang pemburu bounty bajak laut yang memiliki keahlian dalam ilmu pedang. Ikut dalam kru Luffy untuk mewujudkan impiannya menjadi ahli tarung pedang terkuat di dunia. Asalnya dari East Blue. Nama pedang utamanya adalah password laptop saya :) meitou-wadou-ichimonji.
  2. Nami, seorang ahli cuaca dan navigator yang handal. Bermimpi untuk membuat peta seluruh dunia. Asal East Blue. Senjata Clima Tact buatan Usopp.
  3. Usopp, penembak jitu dan ahli strategi dadakan untuk kru Luffy. Teman terbaik Luffy, meski pernah bertengkar tentang Going Merry, namun keduanya kembali akur setelah Usopp tersentuh dengan ketulusan Luffy melindungi Robin. Senjata Kabuto, modifikasi ketapel dan Breath & Fire Shell dari Skypiea Island. Bermimpi untuk menjadi ksatria terhormat di lautan, salah satunya mengunjungi negeri para raksasa(episode Little Garden). Usopp juga dari East Blue.
  4. Going Merry, kapal pertama Luffy. Pemberian dari Kaya', kapal ini merupakan kapal kuno namun kuat yang sangat disayangi oleh Usopp. Sayang, Merry rusak parah saat perjalanan menuju Skypiea. Episode mengharukan muncul ketika roh Merry datang dan berbicara pada Luffy setelah tragedi Enies Lobby. Going Merry kemudian ditransformasikan menjadi Mini Merry oleh Franky pada episode Gecko Moria.
  5. Sanji. Seorang koki dari Baratie Restaurant. Bermimpi menjamah lautan dimana semua bahan makanan dunia laut berkumpul, All Blue. Ahli bela diri kaki, hampir tak pernah menggunakan tangan demi  menjaga kemampuan memasaknya. Juga dari East Blue.
  6. Vivi, satu-satunya kru Luffy yang tidak ikut dalam perjalanan menuju One Piece karena harus menjalankan tanggung jawab sebagai Putri Mahkota kerajaan Arabasta.
  7. Tony Tony Chopper, seorang-seekor rusa yang memakan buah Setan tipe Zoan yang membuatnya menguasai kemampuan yang sama dengan manusia. Bermimpi untuk menjadi dokter terbaik yang mampu menolong mereka yang membutuhkan. Asalnya dari Drum Island, Grand Line.
  8. Nico Robin. Sempat menjadi musuh Luffy ketika membantu Crocodile, namun kemudian sadar setelah Luffy menyelamatkan nyawanya dan menyadarkan arti hidup meski bagi mereka yang tak memiliki harapan lagi. Ia adalah Devil's Fruit User, yang bisa mengeluarkan lengan dimanapun ia mau. Asal Ohara, pulau para pembelajar, Grand Line. Bermimpi untuk menjadi arkeologis handal, sekaligus ahli sejarah, dan memecahkan misteri inisial D pada orang-orang hebat dunia. Salah satunya Luffy (Monkey D Luffy)
  9. Franky. Ahli pembuat kapal yang memberikan kapal impiannya pada Luffy untuk menebus kesalahan yang telah ia buat dengan merampok Luffy sebesar 200 juta Berry. Bermimpi menggapai batas dunia dengan kapal buatannya sendiri. Ia adalah cyborg, setengah manusia, setengah robot, dengan satu set senjata bertenaga Cola. Asal Water 7, Grand Line.
  10. Thousand Sunny. Kapal kedua Luffy setelah Merry rusak parah. Kapal yang dibuat secara khusus oleh Franky dan dilengkapi dengan berbagai alat pertahanan khas cyborg, bertenaga Cola dan angin. Andalannya tentu Coup D'Burst yang mampu mengangkat kapal hingga tampak terbang sejauh lebih dari 2 km.
  11. Humming Brook. Anggota terakhir Luffy. Brook merupakan seorang tengkorak hidup yang mampu berbicara dan berlaku seakan masih hidup setelah pada masa hidupnya memakan buah setan yang memberikan kemampuan untuk hidup kembali sekali lagi. Bermimpi untuk bertemu dengan Laboon, paus peliharaannya yang ia tinggalkan di gerbang Grand Line 50 tahun sebelum bertemu Luffy.
Kisah One Piece berbeda dengan manga yang lain. Dari segi bahasa, One Piece memang terdengar kasar. Maka dari itu, sebaiknya One Piece hanya ditonton mereka yang sudah cukup usianya. Ceritanyapun sangat imajinatif.

Namun One Piece memberikan sensasi yang lebih dibandingkan manga yang lain. Humor yang diberikan sangat segar. Ciri khas para tokohnyapun ditampilkan dengan jenaka dan inspiratif. Luffy yang bodoh dan menganggap semua hal baru misterius, Zoro yang tak tahu arah, Nami yang sangat materialistis, Sanji yang ga bisa diam ketika melihat wanita cantik, Usopp yang pembohong, dan lain sebagainya. sangat jenaka dan menghibur.

Yang paling penting dari sebuah cerita adalah pesan di dalamnya, dan menurut pribadi saya, One Piece mengantarkan nilai-nilai kemanusiaan yang sangat berarti--jika dipahami oleh orang yang sudah bisa mikir, tentunya... ^_^ Dilanjut nanti ya!!!

2 tanggapan:

Izhoers said...

Kerennn I Like It . . . :)

Anonymous said...

zionis

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan