the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Thursday, March 24, 2011

Makna Sebenarnya "Let It Flow"


Assalamualaikum..

Saya baru saja berpikir dengan sebuah slogan dari banyak orang yang bilang "let it flow". Biarkan saja hidup mengalir apa adanya. Setujukah anda?

Izinkan saya menguraikan pemahaman saya tentang analogi "let it flow".

Air. Secara alami dan memang sudah hukumnya, air tidak memiliki ketidakrataan pada permukaannya untuk bisa melekat pada suatu permukaan. Membasahi bukan berarti melekat lho. Air juga mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Ingat, dari tempat yang lebih tinggi, ke tempat yang lebih rendah.

Ini saya dapatkan dari pemahaman seorang teman saya di Jakarta, mahasiswa Universitas Indonesia. Ayah beliau sudah almarhum beberapa tahun yang lalu. Sekarang beliau, alhamduliLLAH, adalah salah satu penerima beasiswa Sugar Group. Dari beliaulah saya mencontoh beberapa kehidupan islami, ketika saya bersama dia dalam sebuah acara gathering muslim beberapa tahun yang lalu.

Kembali ke topik. Jika dianalogikan hidup kita, let it flow, berarti kita membiarkan hidup kita seperti air. Dari tempat yang tinggi, ke tempat yang rendah. Loh bagaimana jika medium alirannya datar? Saya kembalikan pertanyaannya, apakah air mengalir di tempat yang datar? Jika medianya datar, maka hidup kita nyangkut di situ! Benar ga?

Apakah analogi dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah ada artinya? Meminjam dari sebuah pemikiran Deddy Corbuzier dalam acara talkshownya, Hitam Putih, hidup mengikuti arus itu seperti membiarkan hidupmu yang sebelumnya ada di tempat tinggi, untuk dibiarkan perlahan jatuh ke tempat yang lebih rendah. Bukan begitu?

Ini analogi filosofisnya, bagi saya, hal ini benar juga, jika kita ada masalah, kemudian kita membiarkannya, atau selesaikan dan yah let it flow lah.. Wah, berarti ga pernah ada kemajuan dong dalam hidup kita. Bisa jadi yang ada malah bikin situasi makin terus turun ke bawah, meluncur drastis. Hahaha..

Lantas analogi apa yang paling tepat untuk memberikan motivasi kepada penggunanya?

Masih dari Deddy Corbuzier,,

"only dead fish go with the flow"

Analoginya diambil dari perjuangan ikan salmon yang berusaha melawan derasnya aliran sungai di Amerika Utara. Hanya ikan yang matilah yang akan terbawa arus. Ikan yang mau hidup akan terus berjuang untuk melawan arus.

Saya akan biarkan anda memahami makna dari quote indah ini. Ada satu ayat dalam Al Quran, semoga ini lebih bisa menginspirasi kita semua.


Hanya kepada Allah kita akan kembali, dan semoga hanya karena Allah posting ini dibuat untuk menginspirasi teman-teman ^_^.

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan