the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Monday, March 14, 2011

Handbook 2011 (Health)

Pedoman hidup di 2011 ini, saya dapatkan dari Ibu Ewin, guru kesenian di Sekolah Sugar Group, sekolah dimana saya menghabiskan libur sebagai mahasiswa magang. Beberapa cerita dari masa magang saya ada di artikel-artikel sebelumnya. Tapi, saya tidak tahu darimana si Ibu dapat 32 nomor kalimat ini, entah dari internet atau malah beliau yang membuatnya sendiri. Jadi mari kita katakan, sebut saja sumbernya "anonim".

Post ini tentang panduan hidup "KESEHATAN"

1. Drink plenty of water

Air adalah komponen terbesar dalam tubuh manusia. Biasakanlah minum air murni tanpa campuran sirup, gula, dll secukupnya. Jangan tunggu hingga haus seperti di padang pasir. Bawalah minum ke tempat kerja, jika malas dengan air putih, bawalah teh kemasan, atau jika anda yang punya kantor, fasilitasilah karyawan anda dengan air minum..

2. Eat breakfast like a king, lunch like a prince, and dinner like a beggar.

Untuk poin ini, saya kurang tahu mengapa. Mungkin ada penjelasan logisnya, katakanlah, memperkecil porsi makan di malam hari mungkin agar tidak terjadi penumpukan lemak??? kalau makan di pagi dan siang hari dengan porsi yang banyak jelas karena digunakan untuk menopang aktivitas sehari-hari..

Saya punya sakit maag.. dan mungkin saran ini berguna juga bagi saya. Sakit maag itu sungguh tidak enak lho..hehehe

3. Live with the 3E's - Energy, Enthusiasm, and Empathy

Jangan biasakan diri berkata.. ih males banget si...hari ini top banget malesnya...atau berlagak males tanpa tenaga seperti di iklan "Mi**ne". Isilah hidupmu dengan energi! Kasih tenaga di setiap langkahmu! Kasih tenaga di setiap aksimu!

Isilah harimu dengan antusiasme! berikan perhatian dan empati kepada dunia di sekitarmu! Jadikan lingkunganmu motivasi untuk terus berkarya! *bahasa gw euy..!

4. Make time to pray

Kalau yang ini mah sudah pasti. Kalau Muslim ya jangan sampai kelewatlah dari Subuh, Dzuhur, Ashar, maghrib, Isya'..
Kalau sempet, ditambah shalat sunnah dan shalat malamnya.. perbanyak mengobrol dengan Allah, bersyukur, bercerita tentang hari-harimu, orang2 yang mengesankanmu, membuatmu kesal, dan apapun yang membuatmu semakin dekat dengan Allah..

5. Play more games

Nah, penting juga untuk memberikan dirimu penyegaran! sempatkan dengan bermain bersama teman-teman, kalau ga punya teman (-____- ngenes banget), sempetinlah main game di playstation atau ya game-game hape..hahaha

Cegah jangan sampai kita stress. Untung-untung stressnya positif hehehe..

6. Read more books than you did in 2010

Bagi beberapa orang, membaca buku itu lebih berarti dari bermain game. Ya mungkin lewat buku mereka bisa lebih banyak dapat refreshingnya..

7. Sit in silence for at least 10 minutes each day

Ini bukan sekedar duduk diam waktu lagi ga ada kerjaan lho. Maksudnya disini, kita duduk, diam, memejamkan mata, tanpa suara...ya seperti semedi gitu deh..bertapa..

saya pernah mencoba ini beberapa kali saat Ujian Nasional, well demam ujian dan grogi, nervous dkk hilang semua..konsentrasi kuncinya..

8. Sleep for 7 hours

Ada lho teman saya yang bisa tidur 12 jam penuh, ada yang masih bisa lebih lagi. Itupun kadang diseling makan terus tidur lagi. hahaha..

9. Take 10-30 minutes walk daily. And while you walk, smile

Cara terbaik menahan diri ketika saya teringat Pipit...

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan