the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Tuesday, March 15, 2011

Handbook 2011 (Personality)

Melanjutkan tulisan kemarin tentang handbook 2011 dengan tema "Kesehatan", kali ini saya akan coba bahas satu tema berikutnya, "Personality". Yap bahasa Indonesianya adalah Kepribadian. Coba cek saja di kamus, mesti meleset artinya. haha..

Mulai yuk.


10. (Loh kok 10? Lha kemaren kan sudah 1-9!!)

10. (Loh kok 10 lagi? Lha tadi kan kamu tanya, jadi mesti saya ulang nulis 10)

10. (Nih piring cantik! Makasi yaa)

Serius.

10. Don't over do. Keep your limits.

Apa maksudnya ya? bukannya semestinya break your limits?

Iya, memang kalau dari mimpi, kita harus pajang sesuatu yang di luar batas pemikiran kita. Seperti quote dari seseorang yang saya lupa namanya, apa yang bisa kita imajinasikan, bisa kita lakukan. Nah, tapi handbook ini tidak ada sangkut pautnya dengan hal itu.

Maksud kalimat no.10 adalah, ada banyak orang yang suka melakukan sesuatu di luar batas kemampuan tubuhnya. Tidur hingga hanya 2 jam per hari demi mengejar kesuksesan, dll. Ingat Tuhan memberikan kita tubuh ini sebagai bentuk investasi! Tuhan lah investor kita, apa yang akan dirasakan investor jika investasinya tidak kita jaga? Nah seperti itulah yang dimaksud di nomor 10 ini..

11. Don't take yourself so seriously. No one else does.

Nah ini sering kali terjadi pada orang yang susah banget mengontrol emosinya. Apa-apa dianggap serius. Becandaan yang sebenarnya cuma untuk menghangatkan suasana malah bisa jadi memanaskan suasana. Hiduplah dengan santai. Tidak perlu semua hal dibawa masuk ke hati..

12. Dream more while you awake..

Saya tak begitu paham dengan kalimat ini. Namun mungkin yang dimaksud oleh kalimat ini adalah imajinasi. Ya. Imajinasi. Kita membayangkan hal-hal apa yang bisa kita lakukan di masa depan ketika kita tidak sedang tidur, jadi kita bisa memikirkan apa yang harus kita lakukan, bagaimana cara melakukannya dan lain sebagainya..


13. Envy is a waste of time. You already have all you need.

Buat apa iri dengan apa yang orang lain miliki? Tidak berguna. Bersyukurlah dengan apa yang sudah kita miliki..

14. Forget issues of the past. Don't remind your partner with mistakes of the past. That will ruin your present happiness.

Kadang kesalahan orang itu jauh lebih berarti ketimbang kebaikan apa yang sudah mereka lakukan kepada kita. rasanya memang jauh lebih mudah mengingat kesalahan mereka. Jangan berkecil hati. Itu memang sifat asli manusia. Bukan hanya kita yang begitu, orang lain juga sama. Perbedaannya terletak pada seberapa besar keinginan kita untuk memaafkan dan melupakan kesalahan di masa lalu.

Selalulah ingat bahwa everythings happen for a reason. Reason inilah yang kadang kita tidak pernah ketahui.. :)

15. Live is too short to waste time hating anyone. Don't hate others.

Masih punya perasaan benci ke satu-dua orang? Well, sia-sia dong kalau hidup kita masih ngerasa benci dengan orang lain.. Cobalah memaafkan. Sapa dia jika bertemu, ajak bicara, tunjukkan kebaikan, dll dah teorinya..

Setidaknya waktu kita lebih berarti ketimbang hanya dihabiskan untuk membenci orang lain :)


16. Make peace with your past so it won't spoil the present.

Ini lagi yang lebih parah. Kalau kalian tak bisa berdamai dengan semua hal di masa lalu, bagaimana dengan yang akan datang? terbengkalai.

17. No one is in charge of your happiness except you.

Banyak orang berpikir, kalau orang sekeliling kita bahagia, maka kita pun akan ikut bahagia, meski kita harus sedih dulu sebelumnya. Bagi saya ga begitu deh ah. Kebahagiaan orang di sekitar kita memang penting, namun jangan deh sampai lupa dengan kebahagiaan kita.

18. Smile and laugh more.

Setelah Pipit memilih untuk pergi, hal inilah yang paling sering dan intens saya lakukan. Saya tersenyum sendiri jika tiba-tiba teringat kenangan lalu, atau tertawa tiba-tiba tanpa ada alasan yang jelas. Setidaknya bebannya lega untuk 5 menit kedepannya.. Jujur saya posting artikel inipun saya belum bisa berdamai dengan masa lalu saya.. haha

19. You don't have to win every argument. Agree to disagree.

SSSSSttt.. jujur saya ga maksud dengan kalimat ini..

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan