the roots of education are bitter, but the fruit is sweet ~aristotle~

Tuesday, March 22, 2011

Tanggal Lahir di Al Quran


Assalamualaikum..

Malam ini sedang iseng. Buka-buka Al Quran elektronik saya, apa ya yang bisa saya bagi malam ini? Akhirnya terlintas, bagaimana jika saya coba cari kombinasi tanggal kelahiran saya di Al Quran. Dan ini hasilnya!


Saya lahir tahun 1991, jika saya pisah menjadi 1:991, tidak bisa karena surah Al Faatihah hanya berisikan 7 ayat. Jika saya bagi menjadi 199:1, juga tidak bisa, karena surah di Al Quran berjumlah 114 surah, diawali dengan Al Faatihah dan diakhiri dengan An Naas. Maka yang paling bisa dipakai adalah kombinasi 19:91. Surah ke 19, yaitu surah Maryam, ayat 91.

Berikut kutipan pembahasan dari Al Quran ebook saya,

"Surat ini dinamai Maryam, karena surat ini mengandung kisah Maryam, ibu Nabi Isa a.s. yang serba ajaib, yaitu melahirkan puteranya lsa a.s., sedang ia sebelumnya belum pernah dikawini atau dicampuri oleh seorang laki-laki pun. Kelahiran Isa a.s. tanpa bapa, merupakan suatu bukti kekuasaan Allah s.w.t. Pengutaraan kisah Maryam sebagai kejadian yang luar biasa dan ajaib dalam surat ini, diawali dengan kisah kejadian yang luar biasa dan ajaib pula, yaitu dikabulkannya doa Zakaria a.s. oleh Allah s.w.t., agar beliau dianugerahi seorang putera sebagai pewaris dan pelanjut cita-cita dan kepercayaan beliau, sedang usia beliau sudah sangat tua dan isteri beliau seorang yang mandul yang menurut ukuran ilmu biologi tidak mungkin akan terjadi."

Ayat 19 sendiri, berdasarkan ayat-ayat sebelumnya, (mohon ampun pada Allah jika saya salah tafsir),  adalah keadaan ketika masyarakat dimana Maryam hidup menganggap anak yang lahir darinya adalah anak Tuhan. Bahwa ketika itu bumi hampir runtuh mendengar ucapan mereka. Bahwa sesungguhnya semua yang diciptakan Allah adalah mahluk-Nya, yang telah diciptakan dalam hitungan yang sempurna jumlahnya dan hanya akan diturunkan ke dunia sebagai hamba... ^_^



 Nah untuk tanggal, ada dua kemungkinan nih. Pertama 11:4. Maka surah ke 11 adalah surah Huud, ayat ke 4. Nah lho.. Ayat yang ini mentereng banget peringatan dari Allah. Peringatan bahwa hanya kepada ALLAH lah semua mahluknya akan kembali, dimana ALLAH berkuasa atas segala sesuatu di bumi ini.

Jika perumpamaan Everythings happen for a reason adalah sebuah kebenaran, mungkin inilah sebuah teguran yang saya dapatkan. Pernah suatu waktu, seorang teman dari Jember bertanya, "kok blogmu sekarang mendalil Ta?", sempet bingung juga jawabnya. Tapi, InsyaAllah saya jawab waktu itu, "Ketimbang hati saya sibuk mengurusi dia yang sudah pergi, Saya lebih memilih untuk mengurusi tujuan akhir kita (jepada Allah-lah kembalimu) yang sudah teramat pasti". Maha Suci Allah, pemilik semua pujian..


Kemungkinan yang kedua adalah 4:11, surah ke empat ayat ke 11. Surat An Nisaa' ayat ke sebelas. An Nisaa' sendiri artinya wanita. Memang, disurat ini banyak sekali dibahas tentang wanita. Pada ayat ke 11, insyaALLAH, yang dibicarakan adalah tentang hak waris terhadap keluarga. InsyaAllah, saya masih belajar tentang hal ini ^_^..

Wassalam..

*posting ini bukan untuk semakin mengkaitkan Al Quran dengan nomor-nomor yang sering dibicarakan orang-orang, melainkan untuk mempelajari Al Quran lewat cara yang menyenangkan, tanpa meminggirkan tujuan utama kita, yaitu ridha ALLAH SWT. Jika ada niat saya bermain dengan Al Quran, saya mohon ampun kepada ALLAH SWT dan minta maaf kepada pembaca..Wallahualam..

0 tanggapan:

The Author

My photo
God gives you two ears so we can listen not only from one side. There are many perspective, point of view, and argument that can give you insights! Perhaps! Happy reading!

Archive

Muhamad Hasan Putra

Perumahan 1. Pt. GPM
Block F. 040
Bandar Mataram, Lampung Tengah
Lampung
34169

muhamad.hasan.putra@gmail.com

FB : Muhamad Hasan Putra

Twitter : @putrahasan